Pengertian ikhlas secara bahasa dan istilah

Pengertian ikhlas secara bahasa dan istilah

Pengertian ikhlas secara bahasa dan istilah
ikhlas menebar kebaikan kepada sesama
Ikhlas secara bahasa ialah “murni” artinya tidak tercampur sama sekali dengan sesuatu apapun, misalnya orang memberimu harta “aku berikan harta ini murni untukmu” maka berarti harta tersebut benar-benar murni  milik anda tidak berserikat dengan orang lain sama sekali, jadi jika anda beribadah secara ikhlas berarti anda murni beribadah hanya kepada tuhan tidak tercampur dengan sesuatu yang lain misalnya karena manusia (ingin dipuji).

Sedangkan secara istilah ikhlas yaitu “menjadikan tujuan ibadah semata-mata hanya karena Allah”  ada juga yang mendefinisikan ikhlas yaitu” membersihkan tujuan ibadah dari komentar manusia” baik komentar baik maupun buruk hal tersebut tidak menjadi pengaruh dalam kita beribadah, syeh abdul malik mengatakan “ pengertian ikhlas secara istilah sangat beragam dari devinisi-devinisi para ulama’ namun secara hakikatnya sama”. Dari pengertian-pengertian ikhlas di atas berarti jika kita beribadah seharusnya  tidak terpengaruh dengan ucapan, komentar,  tindakan manusia sama sekali, hanya tertuju pada Allah semata, sesuai apa yang di katakan hujjatul islam imam ghozali (ahli tashowwuf) “ jika ia beribadah karena manusia (ingin di piji ) maka ia telah syirik, dan jika ia meninggalkan ibadah karena takut di puji manusia berarti ia telah riya’.

Maka dari itu jika kita ingin ibadah jangan sampai ada pengaruh lain selain hanya karena Allah SWT. Tidak takut di komentari, tidak takut di puji dan lain sebagainya yang jelas bukan karena Allah. Hanya Allah yang tahu kita beribadah karena siapa, semoga apa yang kita amalkan ihlas karena Allah Swt.

Ok demikianlah pengertian ikhlas secara bahasa dan secara istilah, yang kami uraikan secara simple dan sederhana agar mudah di fahami secara umum. dan dapatkan  ertikel-ertikel menarik lainnya pada post selanjutnya..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian ikhlas secara bahasa dan istilah"

Post a Comment

silahkan jika anda ingin berkomentar kami senang anda meninggalkan jejak...