macam-macam syirik, syirik jahr dan khofi

Syirik di bagi  menjadi dua macam

Syirik terbagi menjadi dua macam yaitu syirik besar dan syirik kecil

  1. syirik besar ialah memalingkan suatu bentuk ibadah kepada selain Allah swt, seperti berdoa kepada selain Allah swt. mengharapkan sesuatu kepada selain Allah swt, meyakini bahwa orang mati, jin syetan  dan benda-benda lainnya bisa mendatangkan manfaat dan kemudlorotan dalam hidupnya, dan lain-lain. Syirik besar bisa mengeluarkan pelakunya dari agama islam dan menjadikan kekal di neraka, dosa syirik ini satu-satunya dosa yang tidak akan terampuni oleh Allah swt, kecuali bertaubat dan membebaskan diri dari perbuatan syirik tersebut.. syirik besar ada beberapa macam yaitu dia antaranya syirik dalam memohon perlindungan kepada selain allah swt.
  2. syirik kecil

Syirik kecil itu dibagi menjadi dua macam yaitu:

  1. Syirik jahr(nyata), yaitu syirik kecil yang dalam bentuk ucapan dan perbuatan. Dalam bentuk ucapan misalnya bersumpah dengana nama selain Allah swt, adapaun syirik dalam bentuk perbuatan adalah seperti memakai kalung atau benang sebagai pengusir atau penangkal marabahaya (tolak balak) atau menggantungkana tamimah (jimat) dengan berkeyakinan bahwa perbuatan tersebut merupakan sebab-sebab pengusir atau penangkal marabahaya Maka itu termasuk syirik, beda dengan jika ia berkeyakinan bahwa di dalam benda tersebut di berikan kekuatan oleh Allah swt. Hal ini tidak termasuk syirik.
  2. syirik khofi (tersembunyi) syirik ini biasanya berada dalam hal keinginan dan niat, seperti riya’ (ingin di puji orang) dalam beramal dan sum’ah (ingin di dengar orang) atau terkenal amal-amal perbuatan baiknya. Riya’ misalnya seseorang yang melakukan amal ibadah tertentu untuk mendekatkan diri kepada allah tetapi ia juga ingin di puji oleh orang yang melihatnya, sehingga Ia membaguskan salatnya. Jika riya’ ini mencampuri niat amal seseorang maka amal itu akan menjadi tertolak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "macam-macam syirik, syirik jahr dan khofi"

Post a Comment

silahkan jika anda ingin berkomentar kami senang anda meninggalkan jejak...