Kisah ashabul kahfi tertidur 309 tahun

Kisah ashabul kahfi tertidur 309 tahun

Kisah ashabul kahfi tujuh pemuda  tertidur selama 309 tahun di gua, kisah ashabul kahfi ini sudah jelas-jelas terangkum didalam alqur’an surat al-kahfi ayat 9-26 yaitu  kisah hamba allah yang solih dari golongan pemuda yang di tidurkan oleh Allah swt selama 309 tahun di dalam gua.
Menurut para ahi tafsir Para penghuni gua di maksud di dalam al-qura’an yaitu berjumlah tujuh orang pemuda . mereka hidup pada zaman raja dikyanus yaitu raja maharaja yang menyembah berhala yang sangat bengis serta penuh kedloliman.

sebab-sebab ashabul kahfi tertidur selama 309 tahun

Karena enggan mengikuti perintah dari raja dikyanus tersebut yang menyembah berhala, maka tujuh orang pemuda di atas melarikan diri dan bersembunyi di dalam gua untuk menginap sementara sebelum meneruskan  perjalanan ke  lebih jauh karena waktu sudah lumayan sore. Pada sa’at mereka tidur mereka tidak tahu bahwa Allah telah menidurkan mereka bukan hanya satu malam tetapi 309 tahun.

i'tibar dari kisah ashabul kahfi

Kita tentunya sudah tahu bagaimana jika ada manusia biasa jika tidur hingga 300 tahun,  pastilah akan mati dan hancur semua apa yang telah ia pakai . tetapi Allah swt telah menjaga serta memelihara tubuh dan pakaian mereka  (ashabul kahfi) itu seperti asalnya. Setelah mereka bangun mereka melihat alam sekitar memang terasa penuh perubahan besar yang telah terjadi di negeri mereka,  barulah ia sadar benar bahwa ia telah tidur terlalu lama setelah ia merasa lapar dan mereka memutuskan untuk mengirim seseorang diantara mereka untuk membeli makanan di sekitar negeri mereka, ternyata mata uang yang ai gunakan transaksi sudah tidak berlaku lagi, dan penjualnya pun menolaknya uang tersebut. Mata uang tersebut sudah berumur 300 tahun bisa anda bayangkan lamanya 300 tahun? Masa orde lama dengan orde baru saja kita tahu tidak lebih dari 80, mata uang nya pun sudah tidak berlaku lagi., apa lagi hingga sampai 300 tahun. Raja yang menyembah berhala (dikyanus) serta penuh kedloliman itu pun sudah mati, dan para penduduk negeri mereka sudah banyak yang beriman. Maka mereka (ashabul kahfi) tidak perlu sembunyi lagi.

Kisah ashabul kahfi sangat mengagumkan

Kisah ini akan sangat menakjubkan jika di ketahui oleh banyak  masyarakat sekitar, namun kelanjutan dari kisah dari ashabul kahfi ini tidak di jelaskan secara rinci didalam al-qur’an, ini adalah sebuah tantangan bagi orang  yang beriman, bagi mereka pasti tetap beriman dan akan menambah keimanan mereka, jika ia tidak beriman betapa panjang kisahnya pun akan tetap tidak beriman.
Memang sangat banyak dari perselisihan tentang masalah sejarah ini, dari segi keadaan ashabul kahfi serta jumlah para pemuda tersebut, seorang penafsir terkenal yang bernama imama fahrurrozi berpendapat, bahwa ayat-ayat yang mengisahkan keganjilan penghuni gua  itu adalah  bukti yang jelas adanya karomah yang di berikan oleh allah kepada para kekasihnya (auliya’)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisah ashabul kahfi tertidur 309 tahun"

Post a Comment

silahkan jika anda ingin berkomentar kami senang anda meninggalkan jejak...