Sebab Akibat Munculnya Khowarij

Sebab Akibat Munculnya Kaum Khowarij

Sebab Akibat Munculnya Kaum Khowarij atau Sebab Akibat Munculnya Aliran Khowarij, pada kali ini kami akan shere tentang aliran atau sekte khowarij yang sebelumnya kami shere tentang Periode masa Kholifah Ali bin abi tholib, Al-khowarij adalah suatu aliran atau sekte yang lahir pada masa pemerintahan Kholifah Ali bin abi tholib demikian sebab akibat lahirnya kaum khowarij:

Kaum khowarij menolak keputusan ali 

Keputusan ali menerima tawaran muawiyyah itu menimbulkan tantangan cukup keras dari pendukungnya sendiri, terutama mereka yang tidak setuju untuk berdamai dengan muawiyyah dan tidak mau menerima formulasi pengambilan keputusan hhukum yang di serahkan secara mutlak kepada dua orang yang melakukan perundingan (tahkim/arbitrase) hal inilah yang mendorong hurkus-komandan pasukan ali yang berasal dari bani tamim, untuk membuat barisan sendiri dan menyatakan diri keluar dari kepemimpinan ali.

Hurkus adalah seorang yang mempunyai pandangan lurus dan keras. Caranya memandang masalah selalu hitam putih karena cara berfikirnya yang sempit ia pernah menggugat rosullullah Saw.  karena ia menganggap muawiyyah maupun ali melanggar hukum Allah. Sebab karena Allah yang berhak memutuskan hukum. Bukan manusia seperti yang di kehendaki dalam perjanjian damai yang di sepakati muawiyyah dan ali, oleh sebab itu mereka menggembor-gemborkan  semboyan “ la hukma illa lillah”(tiada hukum selain hukum Allah) semboyan ini di tujukan kepada ali dan muawiyyah yang di nilai telah melanggar hukum Allah, karena bersedia mengadakan tahkim. Sementara dalam pandangan mereka, para pelanggar hukum Allah boleh di Bunuh. Kelompok hurkus ini kemudian di kenal dengan sebutan khawarij (orang-orang yang keluar), karena mereka dari kepemimpinan ali.

Jumlah kaum khowarij

Barisan khowarij ini berjumlah sekitar 12 ribu orang. Mereka memisahkan diri dari kelompok ali sepulang dari Perang Shiffin . setelah ituun kelom[ook radikal ini menetap di harura, sebuah desa kecil di dekat Kuffah. Di tempat ini mereka melakukan konsolidasi dan menyusun kekuatan untuk melakukan perlawanan bersenjata, baik kepada ali maupun muawiyyah. Mereka mengangkat panglima perang bernama syibits bin muawiyyah. Mereka mengangkat panglima perang bernama Abdullah bin al-kawa’, serta pemimpin keagamaan bernama Abdullah bin wahhab al-rosibi.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Sebab Akibat Munculnya Khowarij"

silahkan jika anda ingin berkomentar kami senang anda meninggalkan jejak...