Periode Masa Kholifah Usman bin ‘affan

Periode Masa Kholifah Usman bin ‘affan

Periode masa kholifah usman bin ‘affan (33-45 H/644-656 M) kali ini kami akan shering sejarah masa di periode kholifah utsman bin ‘affan yang sebelumnya kami share Di antara jasa-jasa Umar Ra. Ok langsung saja demikian sejarah Periode masa kholifah usman bin ‘affan, Beban,beberapa saat sebelum meninggal dunia, umar bin khottob sempat berpesan agar selama tiga hari, imam masjid hendaknya di serahkan kepada suhaib ar-rumi. Namun pada hari keempat hendaknya telah di pilih seorang pemimpin penggantinya, umar memberikan enam nama sebagai alternative pilihan. Mereka adalah ali bin abi tholib, utsman bin ‘affan, zubair bin awwam, sa’ad bin abi waqqos, Abdurrahman bin ‘auf dan tolkhah bin ubaidillah.

Pesan umar ini pun dilaksanakannya. Keenam orang yang diwasiati umar itu berkumpul
 Di rumah Abdurrahman bin ‘auf. Dalam pertemuan itu, mereka memulai pembicaraan tentang siapa dia di antara mereka yang bersedia mengundurkan diri. Sebelum peserta lainnya mengeluarjkan pendapat, abdurraman bin ‘auf selaku tuan rumah dan moderator terlebigh dahulu menyatakan dirinya mundur dari pencalonan. Melihat kenyataan itu,duaa orang lainnya yakni zubair bin awwam dan sa’ad bin abi waqqos juga menyatakan mengundurkan diri, sehingga tinggallah utsman bin ali.
Ketika itu abdurrahman bin ‘auf di tujuk sebagai penentu untuk menentukan pilihan, Abdurrahman terlebih dahulu menemui banyak orang meminta pendapat mereka. Namun pendapat masyarakat pun terbelah, ada yang cenderung ke utsman dan ada pula yang lebih memilih ali Ra.

Kecenderungan warga memilih shohabat utsman bin 'affan

Konon, sebagian besar warga memang cenderung memilih utsman. . saat itu keadaan ekonomi warga madinah memang sangat baik, sehingga perilaku masyarakat pun bergeser, mereka mulai enggan di pimpin oleh tokoh yang kesehariannya sangat sederhana dan tegas seprti abu bakar atau umar. Sementara ali mempunyai kepribadian yang serupa itu. Berbeda dengan usman yang di kenal sangat kaya dan pemurah.

Shohabat abdurrohmanbin 'auf mendukung kekholifahan shohabat utsman bin 'affan

Setelah selesai berkeliling, Abdurrahman bin ‘auf yang juga sangat kaya dab masih saudara usman pun memutuskan untuk memilih usman sebagai kholifah. Ali sempat protes pada pilihan Abdurrahman yang cenderung memilih berdasarkan ikatan tali kekeluargaan. Kedua memang sama-sama keluarga bani umayyah, sedangkan ali sebagaimana nabi Muhammad Saw. adalah keluarga bani hasyim. Sejak lama kedua keluarga itu memang sealu bersaing dalam berbagai hal. Namun Abdurrahman meyakinkan ali bahwa keputusannya adalah murni dari nurani. Ali pun ahitnya mau menerima keputusan itu. Setelah semua anggota formatur di nilai  mencapai kata sepakat, ahirnya di bai’atlah utsman sebagai kholifah pengganti Umar. Pada saat di angkt utsman sudah berusia 70 tahun dan tercatat sebagi kholifah tertua sepanjang  sejarah islam. Demikian sekelumit sejarah masa kekholifahan ustman bin ‘affan, sampai jumpa salam..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Periode Masa Kholifah Usman bin ‘affan"

Post a Comment

silahkan jika anda ingin berkomentar kami senang anda meninggalkan jejak...