Di antara jasa-jasa umar bin khottob

Di antara jasa-jasa umar bin khottob

Di antara jasa-jasa umar bin khottob, Umar bukan saja sseorang yang sederhana tapi juga seseorang admistratur ulung. Terbukti ia berani berijtihad dan melakukan hal-hal yang sebelumnya belum pernah di lakukan rosulullah Saw. contohnya dalam masalah pengelolaan administrasi pemerintahan umar pengatur administrasi Negara dan membentuk departemen-departmen. Umar juga membentuk majlis permusyawaratan ( layaknya DPR sekarang), dan memisahkan lembaga pengadilan dari lembaga ekskutif. Yang lebig mengagumkan lagi adalah upaya umar Ra. Untuk membersihkan lembaga pemerintahannya dari tindak penyelewengan dan korupsi. Ia mendaftarkan jumlah kekayaan calon pejabat yang akan di lantik dan melakukan verivikasi pada periode-periode tertentu.
Di bidang tutorial umar Ra. Membagi wilayah-wilayah islam ke dalam delapan propinsi yang membawahi distrik-distrik dan sub distrik, dan di pimpin oleh seorang gubernur. Ke delapan propinsi tersebut adalah makkah, madinah, suriah, bashrah, kufah, palestina, mesir dan jazirah. Di perpajakan di susun sedemikian secara konseptual.

Kebijakan shohabat umar bin khottob

Di samping itu, umar Ra. Juga tidak lagi membagikan harta rampasan perang untuk pasukannya, melainkan menetapkan gaji di sesuaikan dengan tugas dan pos masing-masing. Umar juga mendirikan pos militer di tempat-tempat strategis guna member rasa aman pada penduduk.
Pada masa pemerintahan umar pula lah di mulai pencatatan dan pemberlakuan kalender hhijriyah, serta melanjutkan pengumpulan ayat al-quran yang di rintis abu bakar, di masa umar juga sholat terawih di langsungkan secara berjamaah, yang pada masa hidupnya rosulullah Saw. biasanya di lakukan secara sendiri-sendiri karena khawatir shalat tarowih akan di wajibkan bagi umat islam.
Di antara kewajiban umar lainnya adalah pemberian gaji bagi para imam sholat dan muadzin, penghapusan pendirian baitul mal, Penghapusan system pembagian tanah rampasan perang (fay’), dan pembangunan lembaga-lembaga pendidikan keagamaan, pembangunan bendungan dan terusan, serta pengembangan kota-kota baru, seperti bashrah, fustat, kuffah, dan mosul. Ok demikian di antara jasa-jasa shahabat umar bin khottob.
Demikianlah sharing kami kali ini tentang jasa-jasa shohabat umar bin khottob, dan dapatkan juga sharing selanjutnya pada post berikutnya, sampai jumpa salam..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Di antara jasa-jasa umar bin khottob"

Post a Comment

silahkan jika anda ingin berkomentar kami senang anda meninggalkan jejak...