5 langkah menuju keluarga sakinah mawaddah warohmah

5 langkah menuju keluarga sakinah mawaddah warohmah

untuk mencapai keluarga sakinah mawaddah warohmah tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan, banyak metode-metode yang digunakan untuk mencapai keluarga sakinah mawaddah warohmah, sedangkan saya akan berikan tips ala saya sendiri, yang kebetulan saat ini saya merasa nyaman dengan satu istri tersayang dan satu anak laki-laki, jadi saya akan memberikan tips-tips untuk mencapai keluarga sakinah mawaddah warohmah.
untuk membina keluarga sakinah mawaddah warohmah yang telah saya terapkan. untuk membina keluarga sakinah mawaddah warohmah ialah anda harus melakukan tips-tips sebagai berikut:

Langkah-langkah untuk menuju keluarga sakinah, mawaddah, warohmah

1. Jika wanita adalah masih calon istri niatkan lah pernikahan anda hanya karena Allah, bukan hanya karena nafsu belaka. maksudnya diniatkan karena Allah ialah misalnya anda menikah tersebut untuk: melakukan sunnah rosul
  •  menjaga kehormatan, menghindari perbuatan maksiat dll
  • menambah nilai atau bobot suatu ibadah, karena ibadah orang sigle dengan yang sudah berkeluarga masih berbobot yang sudah berkeluarga.
  • menjaga keturunan
sedangkan contoh menikah yang tidak di niatkan karena Allah ialah:
  • ingin melampiaskan nafsu belaka, padahal apa yang ia bayangkan dari sebuah kenikmatan menikah tidak sesuai yang ia bayangkan.
  • karena kekayaannya belaka.
  • karena tujuan mensi-siakannya
2. Saling Mengerti, artinya selalu mengerti pada pasangan anda dari segi kebutuhan jasmani maupun rohani, hargailah upaya pasangan anda dalam menghormati anda, pujilah usahanya, tutuplah kekurangannya, seperti jika anda pulang tidak makan dengan alasan sudah makan di luar, bagaimana perasaan istri anda yang telah susah payah mempersiapkan makanan untuk anda? hal semacam ini sebenarnya anda harus makan di rumah, walaupun anda memang sudah makan di luar maka tampillah seakan-akan anda belum makan dan anda makan di rumah juga.

3. jagalah komunikasi, hal ini yang banyak terlupakan bagi suami, ingatlah istri atau waniti itu sangat sensitif artinya jika anda tak memperdulikan sebuah komunikasi ia akan merasa tidak di perhatikan, jadi hal ini jangan anda sepelekan, seperti sms, telephon,harga pulsa tak seberapa di bandingkan sebuah kenyamanan hubungan pasangan anda, jika tanpa komunikasi maka ia akan merasa tidak di perhatikan dan hal ini (tidak di perhatikan) suatu hal yang menyakitkan bagi seorang istri, kenapa saya tahu.? karena saya berangkat dari pengalaman.

4. jangan sampai ada masalah yang tidak selesai dalam tiga hari, masalah tentunya pasti ada dalam berkeluarga namun yang menjadi masalah jika anda tidak dapat menyelesaikan sebelum hariketiga dari masalah muncul, karena nabi melarang kita untuk saling tidak tegur menegur lebih dari tiga hari. jadi jika ada masalah jangan sampai lebih ari tiga hari.
5. jangan melupakan ahiratmu, sebahagia-bahaginya anda jika anda tidak solat apa tujuan anda sebenarnya? jadi bimbinglah istrimu untuk terus melakukan ibadah uhrowiyah, seperti sholat, shodaqoh dan lain sebagainya, pembelajaran ini tidak harus anda menyuruh dengan keras, namun pembelajaran yang pertama ialah cukup anda tekun melakukan solat lima waktu pada waktunya lebih-lebih berjamaah, maka istri anda pun akan merasakan untuk mengikuti anda, jika tidak maka suruhlah dengan baik karena Allah memerintahkan kita "wa'mur bil ma'ruf" jika anda memerintah maka perintahlah dengan baik, jika istri anda tidak juga mau maka bererti ada kelainan pada pikiran istri anda (^_*)

Ok, demikianlah tips-tips untuk membina keluarga sakinah, mawaddah warohmah berdasarkan pengalaman saya pribadi.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "5 langkah menuju keluarga sakinah mawaddah warohmah"

silahkan jika anda ingin berkomentar kami senang anda meninggalkan jejak...