Sebab Akibat munculnya aliran syi’ah

Sebab Akibat munculnya aliran syi’ah

Sebab munculnya aliran syi’ah, sebagai reaksi atas golongan khowarij, muncul pula golongan yang menyatakan kesetiaan mereka kepada Ali Ra. Mereka menyatakan siap membela ali bahkan siap mati bersamanya, golongan ini terkenal dengan sebutan syiatul ali (pengikut ali), dan pada ahirnya menjadi embrio lahirnya syi’ah.

sejak kapan muncul kaum aliran syiah?

Pada pendukung setia ali kholifah ali ini sebenarnya sudah ada sejak hari wafatnya Nabi Saw. ketika di adakan pertemuan di saqifah bani sa’idah antara golongan muhajirin dan golongan anshor, sebagai keturunan bani hasyim dan sebagian kaum muhajirin sebenarnya menjagokan ali sebagai kholifah pengganti Nabi Saw. namun suara meereka kalah besar dengan suara pendukung abu bakar sehinggga dialah yang terpilih.

Di samping itu pada pertemuan tersebut ali tidak hadir karena sedang mengurusi pemakaman jenazah Nabi Saw. ketika Ali terpilih sebagai kholifah menggntikan utsman, metreka mulai menguatkan barisan namun belum terbentuk sebuah gerakan. Gerakan mereka menemukan mumentumkebangkitan ketika terjadi pembangkaman dari kaum khawarij, di samping pemberontakan oleh muawiyyah yang menyatakan diri sebagai orang yang paling berhak menggantikan kekhalifahan utsman, aliran syi’ah semakin kuat dan sistematis setelah ali dan dua puteranya, hasan dan husein, di bunuh secara sadis oleh lawan-lawannya (akan di jelaskan kemudian)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebab Akibat munculnya aliran syi’ah"

Post a Comment

silahkan jika anda ingin berkomentar kami senang anda meninggalkan jejak...