SEJARAH BERDIRINYA PONPES DARUSSALAMAH PUTRI TAHUN 1971

SEJARAH BERDIRINYA PONPES DARUSSALAMAH LAMPUNG PUTRI TAHUN 1971

PONPES DARUSSALAMAH WAY JEPARA LAMPUNG
Sebagian Santri Putri
Diujung sawah ada sepetak tanah yang dikatakan sunyi dan anker, karena ankernya tempat-tempat itu hingga tidak ada yang berani menempatinya, waktu itu pepohonan sangat besar-besar. Suatu hari ada woro-woro “ siapa yang berani menempatinya maka tanah tersebut menjadi miliknya” hari demi haripun berlalu karena tak ada yang berani menempatinya maka kh ahmad sodiq mencoba menempatinya karena berkat beliau tanah tersebut dwaqofkan untuk pondok selebar ½ ha.
Karena pesatnya pertumbuhan santri  ahirnya bertambah pelajaran dari kelas satu sampai kelas enam ibtidaiyah dan pokok pelajaran jurumiyah, walaupun sekolah berpindah-pindah dari tempat pondok satu kepondok lain namun kegiatan tetap dan terus berjalan dikarenakan pada saat itu belum punya tempat menetap.
Psds tsnggsl 15 juli 1967 masyarakat bergotong royong untuk mendirikan sekolah / ruang belajar santri berkat persatuan dan kesatuan masyarakat braja dewa, maka berdirilah satu bangunan yang mana bangunan itu dijadikan  dua local atas dan bawah atau disebut pampang( panggung) yang bawah untuk belajar dan yang atas untuk asrama.
Pada tanggal 17 nopember 1968 asrama putra kebakaran, maklum, atap asrama pada saat itu terbuat dari ilalang, dinding-dindingnya terbuat dari anyaman bambu, lampu hanya lampu temple( ublik) atau senter pada saat itu para santri sedang tidur, tahu-tahu api sudah membesar para santripun berlompatan keluar asarama semua, barang-barang santri habis terlalap api ( sijago merah) yang ada hanya baju yang dipakai.
Karena melihat situasi dan kondisi yang tak memungkinkan untuk belajar maka kegiatan mengajar diliburkan selama satu bulan, pada tanggal 11 juli 1969 para santri mendirikan asrama kembali, sekolahpun aktif kembali karena santri bertambah banyak, maka pelajaran ditambah tiga tingkat, yaitu kelas stu sampai kelas tiga dan pelajaran pokoknya alfiah. Bulan berganti tahun santri semakin bertambah dan asramapun bermunculan.
Lalu berdirilah bangunan gedung madrasah terdiri dari enam local yang bertempat diasrama (depan) asrama putri, tahun berganti tahun dan waktupun terus berjalan sabtri bertambah banyak dari puluhan menjadi ratusan, dan ratusan menjadi ribuan dan lokasipun semakin lebar, putra 2 ha. dan putrid 1 ha.
Tahun demi tahun asrama putra dan putri semakin bagus semua di pademen gedung-gedung yang indah satu local menjadi 30-50 orang yang berasal dari lampung saja, akan tetapi ada juga yang berasal dari Bengkulu, berkembang riau, jambi, dan ada juga yang berasal dari seberang ( jawa) luar sumatera.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SEJARAH BERDIRINYA PONPES DARUSSALAMAH PUTRI TAHUN 1971"

Post a Comment

silahkan jika anda ingin berkomentar kami senang anda meninggalkan jejak...