Wawu yang ada pada ayat matsna wa tsulasa wa ruba'

Wawu yang ada pada ayat matsna wa tsulasa wa ruba', Baiklah pemirsa blog imammuttaqin58, khususnya yang butuh dengan penjelasan tentang kedudukan huruf Wawu yang ada pada ayat "fankihu ma toba lakum minan nisa' matsna wa tsulatsa wa ruba'. artinya apa? pada wawu pada surat annisa ayat 3 tersebut? apakah wawu athof yang memilki arti (dan) atau wawu bima'na "Aw" yang memilki arti (atau)..? berikut ulasan singkat dari beberapa sumber yang saya peroleh.

Wawu yang ada pada ayat matsna wa tsulasa wa ruba'

Berawal dari sebuah pertanyaan dari group WA yang bertanya sebagai berikut:

Pertanyaan:
Assalamu'alaikum wr.wb, Mohon maaf matsna wa tsulatsa wa rubaa', wawu itu apakah wawu athof? apabila wawu athof berarti 2+3+4=....? mohon dibagikan ilmu dan wawasannya untuk para ustadz dan para kyai.!

Melihat pertanyaan tersebut sepertinya menyentuh hukum Poligami ya, langsung saja berikut jawabannya:

Jawaban:
Itu bukan wau athof juga bukan waw bima'na "Aw" namun BADAL
أَيِ انْكِحُوا ثَلَاثًا بَدَلًا مِنْ مَثْنَى، وَرُبَاعَ بَدَلًا مِنْ ثَلَاثٍ
Karena jika Wawu athof akan terjadi penjumlahan seperti pada pertanyaan di atas 2+3+4=..., dan jika Wawu bima'na "Aw" (atau) akan memberi pengertian hanya boleh memilih salah satu saja 2/3/4 (kalau tidak 2 ya 3, kalau tidak 3 ya 4, maksudnya : jika 2 tidak boleh 3, jika 3 tidak boleh 4) padahal kalau 2 masih boleh nambah 2 dan kalau 3 boleh nambah 1. semua itu jika mampu mengkondisikan untuk bisa tetap adil kepada semua istri, jika takut tidak bisa adil maka cukuplah 1 saja.

Padahal menurut saya pribadi, adil untuk satu istri saja sulitnya minta ampun ;-) maka berhati-hatilah wahai pelaku Poligami agar kita tidak tergolong orang-orang yang tidak bisa memenuhi kewajiban sebagai seorang suami. Wallahu a'llam bishshowab. Mohon koreksinya jika ada pemahamanku yang salah tentang murod dari teks-teks kitab sebagai berikut:

Khasiyah al-alamah ashshowi 1/202

.قوله مثنى و ثلاث و رباع بدل من النساء___فالواو ليست للعطف وإلا لزم أنه بيان جمع تسع___ولا بمعنى أو وإلا لزم أن من إختار اثنين لا يجوز له أن ينتقل إلى ثلاث أو أربع. حاشية العلامة الصاوي ١/٢٠٢

Tafsir al-qurtubi 5/17

 تفسير القرطبي (5/ 17)وَإِنَّمَا الْوَاوُ فِي هَذَا الْمَوْضِعِ بَدَلٌ، أَيِ انْكِحُوا ثَلَاثًا بَدَلًا مِنْ مَثْنَى، وَرُبَاعَ بَدَلًا مِنْ ثَلَاثٍ، وَلِذَلِكَعَطَفَ بِالْوَاوِ وَلَمْ يَعْطِفْ بِأَوْ. وَلَوْ جَاءَ بِأَوْ لَجَازَ أَلَّا يَكُونَ لِصَاحِبِ الْمَثْنَى ثُلَاثُ، وَلَا لِصَاحِبِ الثُّلَاثِ رُبَاعُ. وَأَمَّا قَوْلُهُمْ: إِنَّ مَثْنَى تَقْتَضِي اثْنَيْنِ، وَثُلَاثَ ثَلَاثَةً،

Tafsir At-Thobari - Marji'ul Akbar :

فكيف قـيـل: {فَٱنكِحُوا مَا طَابَ لَكُم مِّنَ ٱلنِّسَآءِ مَثْنَىٰ وَثُلَـٰثَ وَرُبَـٰعَۖ} وذلك فـي العدد تسع؟ قـيـل: إن تأويـل ذلك: فـانكحوا ما طاب لكم من النساء، إما مثنى إن أمنتـم الـجور من أنفسكم فـيـما يجب لهما علـيكم؛ وإما ثلاث إن لـم تـخافوا ذلك؛ وإما أربع إن أمنتـم ذلك فـيهنّ، يدلّ علـى صحة ذلك قوله: {فَإِنْ خِفْتُمْ أَلا تَعْدِلُوا فَوَٰحِدَةً} لأن الـمعنى: فإن خفتـم فـي الثنتـين فـانكحوا واحدة، ثم قال: وإن خفتـم ألا تعدلوا أيضا فـي الواحدة، فما ملكت أيـمانكم.

piss-ktb.com/2013/07/2573-makna-wawu-pada-ayat-matsnaa-wa.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wawu yang ada pada ayat matsna wa tsulasa wa ruba'"

Post a Comment

silahkan jika anda ingin berkomentar kami senang anda meninggalkan jejak...