Langkah-langkah yang harus di persiapkan bagi peserta KKN

Langkah-langkah yang harus di persiapkan bagi peserta KKN



Saat menulis artikel ini saya masih sedang menjalani Kukerta (Kuliyah kerja nyata) atau populer dengan KKN (Kuliyah kerja nyata) sama saja. jadi bagi anda yang akan menjalani KKN atau Kukerta maka anda perlu memperhatikan langkah-langkah yang perlu anda perhatikan, yaitu sebagai berikut:

Langkah-langkah untuk persiapan KKN

1. selesaikan administrasi KKN anda
2. setelah terbentuk sebuah kelompok maka bentuklah sebuah struktur Kepengurusan, karena jika sebuah kelompok tanpa ketua atau pemimpin maka akan kocar-kacir/berantakan.
3. tunjuklah salah satu seorang yang kompeten atau pantas dan mampu dari kelompok anda untuk melobi di lingkungan masyarakat, hal ini tidak butuh kepandaian eQ namun butuh kepandaian dalam Lobi-melobi dengan kades, kadus dan lain-lain.
4. begitu juga bentuk sekalian sekretaris dan bendahara untuk mengatur keuangan.
5. merencanakan Program Kerja, hal ini juga biasa di sebut dengan sketdjule, dan di tempel agar emua anggota mengetahui program-program selanjutnya.
5. Iuran untuk menerapkan program-program yang telah di rancang walaupun nantinya kenyataan tidak sesuai dengan rencana.

Persiapan untuk Ketua KKN:

Setelah ia terpilih menjadi ketua maka ia punya tanggung jawab yang besar di antaranya ialah:
1. Melobi kepala desa, yang meliputi mensingkronkan antara program peserta KKN dengan program Pemerintah yang sedang terlaksana, 
2. melobi kadus, untuk mencari dukungan dari masyarakat sekitar
3. melobi kepala sekolah sekitar seperti kepala sekolah PAUD, Mts/SMP, MA/SMA untuk melakukan penyuluhan atau membantu mengajar, karena tanpa hal ini anda tidak akan dapat tanda tangan kepala sekolah yang untuk laporan, jika anda akan minta tanda tangan tanpa membantu atau penyuluhan maka malu lah.he
yang lain bisa anda kembangkan sendiri seperti membantu TPA dan lain-lain, sedangkan untuk acara sunnah seperti pengadaan Lomba bisa anda musyawarahkan minggu ke 3 atau ke 4.

Ok demikianlah langkah-langkah yang harus anda siapjkan sebelum menjalankan KKN. sampai jumpa.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah-langkah yang harus di persiapkan bagi peserta KKN"

Post a Comment

silahkan jika anda ingin berkomentar kami senang anda meninggalkan jejak...