Lalat Yang Kehilangan Satu Nikmat

Lalat Yang Kehilangan Satu Nikmat

Lalat Yang Kehilangan Satu Nikmat, Bismillah Alhamdulil..wassolatu wassalamu 'ala rosulillah.
Ketika engkau mengatakan kata NI'MAT pada maqolah "sesungguhnya milik Allah di segala sesuatu yg maujud adalah NI'MAT"
maka hal ini mengisyaratkan pada maqolah bahwa "sesungguhnya BALAK (antonim Ni'mat) sebenarnya tiada sama sekali".

Lantas apa ma'na SABAR disini apabila ada BALAK & apa ma'na SYUKUR terhadap BALAK? Sungguh benar benar ada orang yg mengakui " saya mensyukuri terhadap balak apalagi terhadap ni'mat", dan lantas bagaimana untk mengexpresikan syukur terhadap BALAK bagaimana bisa mensyukuri suatu perkara yg seharusnya disabari?

Ketahuilah kawan.. SABAR terhadap BALAK akan berdampak sakit sedangkan SYUKUR terhadap BALAK akan berdampak suka.. Sehingga kita bisa belajar menerima musibah dengan mudah bila di sertai suka.insyaALLAH..
Mari bersyukur..

Hukum syukur

wajib, karna memang Syukur sangat di tekankan di dalam Alqur'an "la in syakartum la azidannakum" artinya: apabila engkau bersyukur pasti kami( Alloh) akan menambah ni'mat tersebut.lihat dan renungkan kawan jawab dari in ( syarthiyyah) yaitu lafad "la azidannakum" di pasang lam ( muzahlaqoh) yg mengindikasikan kepastian bahkan bukan hanya itu kawan dengan di tambah lagi nun taukid ( sebagai penguat ) Allah telah berjanji akan menambah ni'matNya bagi hambaNya yg mau bersyukur,sesungguhnya Allah tidak pernah mengabaikan janji.

Masih terusan ayat di atas "wala in kafartum inna 'adzabii lasyadiid"
artinya: dan apabila kalian kufur sesungguhnya 'adzabKU sangatlah pedih.begitu juga jawab dr in syarthiyyah disi yaitu lafat "lasyadiid" terdapat lam muzahlaqoh mengartikan kepastian."pasti 'adzabku sangatlah pedih".subhanalloh..!!

Siapakah yg masuk dalam kategori kufur? Coba hayati kembali kawan..ayat ini mengiringi keterangan orang yang mau syukur dengan begitu orang yg tidak mau bersyukur masuk dalam kategori kufur.. Bukan begitu kawan.

Maka kita wajib selalu bersyukur,kenapa selalu.. karna " barang siapa yang durhaka (tidak mau syukur) satu kejap mata saja maka sama halnya mengufuri segala ni'mat allah yg telah di berikan kepadanya yg ada di langit & bumi seisinya,karna segala sesuatu yg telah di ciptakan allah hingga malaikat,langit,bumi,flora,fauna adalah NI'MAT bagi setiap hamba[ hujjatul islam alghozali,ihya' ulumuddin juz 4 hlm: 119 penb: alhidayah surabaya]
mungkin kawan sudah tidak jarang membaca/mendengar ayat di atas, tapi mungkin merasuknya yg jarang dalam hal ini butuh pembelajaran yg bersifat kebiasaan karna ku akui kekuatan kebiasan sungguh sangat Dahsyat.. Dan kami juga bukannya sok ta'at tpi mencoba berbagi shubungan kami masih dalam proses mengusahakan karna jikalau tidak di mulai dari sekarang kapan kita membenahi diri dengan teliti.

Macam syukur ni'mat.

Allah berfirman:
"wadzaruu dzohirol itsmi wa bathinah" artinya: tinggalkanlah dosa yg dzohir dan yg bathin.
Maka barang siapa yg meninggalkn dosa bathin yaitu dosa yg tak terlihat oleh orang lain seperti hasad,suuddzon,dan mau menyimpan keburukan orang lain dari manusia dan segala hal hati maka semua itu adalah SYUKUR NI'MAT ALBATHINAH.
Dan barang siapa yg meninggalkan dosa dhohir dari anggota badan maka hal ini adalah SYUKUR NI'MAT ADDZOHIROH.

Kita renungkan sejanak..kawan.. Kita termasuk yg mana.. Mari kita bersyukur juga karna kita di berikan selaput mata sangat halus, lunak, licin yg tak pernah butuh oil pelumas selamanya..sehingga kita bisa membuka/menutup mata dengan nyaman semua itu agar mata kita terjaga dari kotoran, toh bola mata kita terkena kotoran.. kotoran tersebut tak perlu kita hilangkan sebab sudah ada daya tarik tersendiri yg bertugas menyingkirkanny sehingga tak di sangka tiba tiba kotoran itu sudah berada di pinggir mata subhanallah..!

Maha pengasihMU ya allah..
Mari Kita mencoba melihat LALAT mungkin di samping anda ada hewan tersebut khususnya bagi yg kebetulan di toilet atau di pasar.,
bela sungkawaku terhadap lalat.. Lihat saja dia( lalat) adalah salah satu hewan kecil yg kotor yang tidak memiliki KELOPAK MATA maha pengasih Allah yang masih menciptakan kedua tangan untuknya( lalat) sehingga anda menjumpai seekor lalat SELAMANYA akan mengusap kedua matanya dengan kedua tangannya tersebut karna sudah pasti tentu kedua matanya selalu terkena debu karna tidak punya kelopak mata.
Subhanallah..! Mari kita bersyukur.[ket,di ambil dr khujjatul islam al ghozaly
Ihya.U. hlm:120 alhidayah surabaya.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Lalat Yang Kehilangan Satu Nikmat"

  1. wah keteranganya dalem banget untuk di hayati.. tank...

    ReplyDelete
  2. da z yang membahas lalat..

    ReplyDelete
  3. nikmat memang harus disukuri..

    ReplyDelete
  4. membuat aku untuk lekas bersyukur punya kelopak mata...syukron akhi..

    ReplyDelete
  5. na ini yang membuat kita untuk ingat akan kenikmatan tuhan yang terlupakan..

    ReplyDelete

silahkan jika anda ingin berkomentar kami senang anda meninggalkan jejak...